Asesmen

Asesmen

Contoh isi konten, contoh isi konten, contoh isi konten, contoh isi konten, contoh isi konten, contoh isi konten, contoh isi konten, contoh isi konten, contoh isi konten, contoh isi konten, contoh isi konten.

PEDOMAN

Asesmen/Penilaian adalah proses sistematis dalam mendokumentasikan dan menggunakan data empiris tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, dan keyakinan untuk menyempurnakan program dan meningkatkan pembelajaran siswa. Data penilaian dapat diperoleh dari pemeriksaan langsung hasil kerja siswa untuk menilai pencapaian hasil belajar atau dapat didasarkan pada data yang dapat dijadikan kesimpulan tentang pembelajaran. (https://en.wikipedia.org/wiki/Educational_assessment)

 

LEMBAR PENILAIAN

KOMPETENSI PENGETAHUAN

(LPKP)

 

LEMBAR PENILAIAN

KOMPETENSI KETERAMPILAN

(LPKK)

 

Catatan:

Konversi skor ke nilai

Keberhasilan suatu lembaga selain harus didukung dengan perangkat pembelajaran yang lengkap, guru profesional, juga perlu adanya evaluasi untuk mengukur capaian dari suatu target pendidikan. Evaluasi tersebut dituangkan dalam bentuk Penilaian Acuan Norma (PAN), Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

 

Penilaian Acuan Norma (PAN)

Merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok. Nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai siswa yang lain yang termasuk di dalam kelompok tersebut.

 

Penilaian Acuan Patokan (PAP)

Mengacu pada suatu kriteria pencapaian tujuan pembelajaran atau indikator pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya.

 

Tujuannya

Untuk mengukur secara pasti tujuan atau kompetensi yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilannya.

 

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Merupakan acuan untuk menetapkan seseorang siswa secara minimal memenuhi persyaratan penguasaan atas materi pelajaran tertentu. Salah satu fungsi KKM adalah sebagai acuan bagi pendidik untuk menilai kompetensi siswa sesuai kompetensi dasar matapelajaran yang diikuti.