Media Pendidikan



Alat bantu pengajaran (TA): Alat bantu pengajaran adalah benda-benda (seperti buku, gambar, atau peta) atau perangkat (seperti DVD atau komputer) yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan atau menghidupkan instruksi kelas (Merriam-Webster). Bisa berupa alat peraga audiovisual seperti video dan kuliah tamu atau taktil seperti model 3D.

Bahan ajar (IM): Bahan ajar didefinisikan sebagai sumber daya yang mengatur dan mendukung instruksi, seperti buku teks, tugas, dan sumber tambahan (diadaptasi dari Remillard & Heck, 2014). Ini mengacu pada materi dan fasilitas manusia dan non-manusia yang dapat digunakan untuk memudahkan, mendorong, meningkatkan, dan mempromosikan kegiatan belajar mengajar. Mereka adalah materi apa pun yang digunakan dalam proses pengajaran (IGI global). Ensiklopedia Soviet yang hebat mendefinisikan IM sebagai sumber daya pendidikan yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan siswa, untuk memantau asimilasi informasi, dan untuk berkontribusi pada perkembangan dan pendidikan mereka secara keseluruhan.

Teaching aids (TAs): Teaching aids are objects (such as a book, picture, or map) or devices (such as a DVD or computer) used by a teacher to enhance or enliven classroom instruction (Merriam-Webster). They could be audiovisual teaching aids such as videos and guest lectures or tactile like 3D models.

Instructional materials (IMs): Instructional materials are defined as resources that organize and support instruction, such as textbooks, tasks, and supplementary resources (adapted from Remillard & Heck, 2014). It refers to the human and non-human materials and facilities that can be used to ease, encourage, improve and promote teaching and learning activities. They are whatever materials used in the process of instruction (IGI global). The great Soviet encyclopedia defines IMs as educational resources used to improve students’ knowledge, abilities, and skills, to monitor their assimilation of information, and to contribute to their overall development and upbringing.

detail: https://cognitiontoday.com/2018/05/teaching-aids-and-instructional-materials-tools-for-teachers-and-students/#:~:text=Teaching%20aids%20(TAs)%3A%20Teaching,or%20tactile%20like%203D%20models.

 

Alat Bantu Belajar

MEDIA CETAK
Media teks terdiri dari huruf dan karakter alfanumerik baik yang dicetak di atas kertas, buku, maupun yang diproyeksikan dari layar komputer. Ini adalah media yang paling umum digunakan di sebagian besar ruang kelas saat ini. Jenis media teks:
Dicetak: Buku, brosur, koran, manual
Ditampilkan: Papan buletin, flipchart
Diproyeksikan: Teks yang diproyeksikan oleh LCD atau proyektor overhead
Digital: E-book, E-zine, E-journal

 
MEDIA AUDIO
Media audio mengacu pada berbagai cara yang dapat membuat suara manusia dan suara lainnya menjadi bentuk informasi, komunikasi, dan pendidikan yang lebih kuat. Jenisnya berkisar dari piringan hitam tradisional dan kaset hingga yang digital seperti compact disc dan pemutar media portabel.
Penggunaan media audio dapat merangsang pembelajaran siswa dan dapat menjadi motivasi bagi mereka. Dari bidang konten seperti Matematika dan Sains hingga mata pelajaran yang cenderung musik seperti MAPEH, media audio memiliki aplikasi yang bagus.
 
MEDIA VISUAL
Kebanyakan dari kita adalah orang-orang visual. Kami belajar dan mengingat sesuatu melalui gambar atau gambar. Media visual memiliki kontribusi yang besar untuk pembelajaran kita. Pikiran kita memproses pesan sebagai gambar, bukan sebagai audio atau teks.
Seseorang harus melek visual untuk mengevaluasi, memeriksa, dan secara efisien menggunakan berbagai representasi visual di sekitarnya. Orang yang melek visual menemukan dan mengakses gambar yang dibutuhkan secara efisien. Dia juga dapat mengevaluasi kesesuaian dan keandalan gambar sebelum menggunakannya. Selain itu, ia juga dapat membuat dan membuat desain visualnya sendiri.
 
MEDIA GERAK
Seperti namanya, itu adalah MEDIA IN MOTION.
Ini menggabungkan gerakan, warna, dan suara dengan cara yang dapat menunjukkan ide lebih baik daripada media lainnya. Video adalah contoh dari jenis media ini.
Keuntungan menggunakan media gerak di dalam kelas adalah sebagai berikut:
1. Gerak merupakan media terbaik dalam menggambarkan konsep yang mencakup gerak. (Mis. Pembagian sel)
2. Langkah dan prosedur dapat ditampilkan dengan lebih efektif.
3. Ini memberikan pengamatan bebas risiko. Fenomena yang mungkin berbahaya jika dilihat secara langsung, seperti letusan gunung berapi, dapat ditampilkan dalam video tanpa menimbulkan efek yang membahayakan.
4. Dapat juga membawa dampak afektif bagi siswa.
 
MEDIA ORANG
Media ini memiliki dua jenis: People sebagai media dan People in media. Yang pertama adalah penggunaan orang sebagai media dengan memanfaatkan orang itu sendiri untuk mentransfer informasi sedangkan yang kedua berkaitan dengan orang-orang yang bekerja di media massa. Contoh orang sebagai media adalah guru, siswa, administrasi, narasumber, dll. Orang di media antara lain redaksi, tv dan radio, dll.

MEDIA MANIPULATIF
•benda fisik yang digunakan sebagai alat pengajaran untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran langsung dari berbagai mata pelajaran.
•(seperti spidol, tusuk gigi, atau koin) menyediakan model yang terlihat yang membantu siswa memecahkan masalah dan mengembangkan konsep.
•Memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi konsep pada tingkat pemahaman pertama, atau konkret.
•Menggunakan manipulatif konkret adalah langkah pertama untuk menggunakan gambar dan model mental.
•Siswa dapat dengan mudah mengingat pelajaran melalui gambar dengan menggunakan olah manipulatif.
 
MULTIMEDIA
•Multimedia merupakan gabungan dari banyak bentuk media. Ini mungkin audio dan teks. gerak, audio dan teks, manipulatif dan audio, dan lainnya.
•Penggunaan multimedia sangat menarik dan menarik. Ini juga memberikan pendekatan multi-indera untuk mengajar. Siswa dengan mode pembelajaran yang berbeda mendapatkan keuntungan dalam menggunakan multimedia di dalam kelas.
 
INGIN MEMBUAT ALAT BANTU BELAJAR KONTAK KE 0812804816 (WA)