Panduan
Latar belakang

Kemajuan bidang teknologi informasi telah merambah semua bidang kehidupan, bidang riset terapan adalah senjata ampuh untuk melangkah cepat sejalan dengan kemajuan yang ada.

Tujuan

Meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap SDM

Hasil

Sumber daya insani Indonesia terus menerus mengembangkan kinerja dalam karier SDM Indonesia dan juga institusi/lembaga.

Dampak

Sember daya insani Indonesia meningkat dalam mengembangkan kinerja dan karier

Tanggal & Waktu

JANUARI - DESEMBER Tahun berjalan

Tempat

Lembaga, Universitas/Institut, Hotel dan tempat lainnya sesuai dengan kesepakan mitra

Sasaran
  • Sumber Daya Insani Indonesia
  • Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, ASN
Materi
  • Penelitian Tindakan Kelas
  • Penelitian Tindakan
  • Penelitian Pengembangan
Deskripsi

 

  1. Penelitian tindakan merupakan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap komunitas tertentu (siswa, mahasiswa, dosen, dan sistem manajemen) dengan menggunakan tindakan-tindakan yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja (output). Efektivitas tindakan diketahui dari output yang diukur dari peningkatan perilaku sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Apabila setelah dilaksanakan tindakan output menjadi lebih baik maka tindakan tersebut sangat efektif.
  2. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat tentang suatu situasi, keadaan atau bidang kajian yang menjadi obyek penelitian. Hasil deskriptif dapat bersifat kuantitatif (Menggunakan angka-angka maupun kualitatif (kalimat verbal) atau keduanya.
  3. Penelitian studi kasus merupakan  penelitian yang dilakukan untuk mengungkap kasus-kasus yang bersifat spesifik pad individu, kelompok, lembaga atau masyarakat tertentu, yang dilakukan secara intensif. Penelitian ini mendalami suatu obyek yang mencakup latar belakang, status, interaksi dengan lingkungannya, dan aspek lain sesuai dengan kontek
  4. Penelitian data sekunder merupakan penelitian dengan memanfaatkan data yang sudah ada yang telah disiapkan/dikumpulkan oleh lembaga yang kompeten, misalnya data yang telah tersedia di Biro/Kantor Pusat Statistik: tentang data kependudukan, data kependidikan, data tentang nikah, talak dan rujuk di Kantor Urusan Agama, data monografi desa dan pemda. Data di biro kepegawaian mengenai kepegawaian. Dalam hal ini peneliti tidak perlu mengambil data secara langsung kepada responden dengan melakukan wawancara atau menyebar angket, peneliti berkeyakinan bahwa data-data yang telah tersedia di lembaga-lembaga telah diyakini validitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memaknai dan memprediksi kecenderungan-kecenderungan yang mungkin terjadi  dibalik data sekunder tersebut.
  5. Penelitian dan pengembangan merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan prototype produk yang sudah ada atau rekayasa produk baru. Selama proses pengembangan selalu dilakukan uji kelayakan dan perbaikan berdasarkan hasil pengujian tersebut. Penelitian pengembangan minimal memiliki tahap kegiatan yaitu: analisis kebutuhan pengembangan, perancangan produk yang akan dikembangkan, uji coba lapangan, implementasi rancangan (pembuatan dan penggunaan produk) dan evaluasi. Apabila pada saat evaluasi, produk yang dikembangkan masih kurang baik, peneliti dapat mengulangi prosedur dari awal atau merevisi produk supaya hasil pengembangan layak untuk diupayakan hak cipta atau paten.
  6. Pengkajian dan Penciptaan Karya Seni adalah proses perefleksian nilai-nilai dan gagasan manusia yang diekspresikan secara estetik dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi, dan kata yang mampu memberi makna transendental baik spriritual maupun intelektual bagi manusia dan kemanusiaan.
  7. Studi Kelayakan adalah analisis tentang bagaimana berhasil proyek dapat diselesaikan, memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti faktor ekonomi, teknologi, hukum dan penjadwalan. Manajer proyek menggunakan studi kelayakan untuk menentukan hasil positif dan negatif dari proyek sebelum menginvestasikan banyak waktu dan uang ke dalamnya.
Alur

Input – proses – produk - dampak

Peserta
  • SDM
  • Komunitas
  • Kelompok
Mitra/Partner

LEMBAGA PENELITIAN Universitas dan Institut

Jadwal
  • Reguler
  • Non Reguler
Catatan
  • Kerja Bersama
  • Layanan